Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Apakah buah hati bunda pernah mengalami mimisan? Melihat darah keluar dari hidung buah hati tentu sangat membuat khawatir ya bun? lalu apa yang bunda lakukan saat itu? 


Kali ini kami akan coba mengulas sedikit mengenai mimisan ini. Mimisan merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi pada anak usia 2-10 tahun, dan bahkan sering berulang. 



Mimisan sendiri bisa dibedakan menjadi 2 tipe, tergantung dari mana sumber perdarahan terjadi. 90% kasus merupakan perdarahan anterior (dari bagian depan rongga hidung, keluar melalui lubang hidung), sisanya adalah perdarahan posterior (dari bagian belakang hidung, seringnya berat dan menyebabkan darah tertelan atau menyumbat jalan napas)
Penyebab mimisan bisa dikategorikan menjadi 2, lokal dan sistemik. 80% penyebab lokal adalah kasus-kasus idiopatik yang tidak diketahui penyebabnya, sisanya bisa disebabkan oleh trauma, radang, massa, kelainan pembuluh darah,kelainan anatomi, obat-obatan (semprot hidung yang salah). 


Penyebab sistemik diantaranya kelainan darah, lingkungan (suhu, kelembaban, ketinggian), obat (pengencer darah), hipertensi, dll. 


Lalu apa yang harus bunda lakukan saat buah hati mimisan? simak tips berikut :

  1. Bersikap tenang dan ajak anak untuk tenang 
  2. Menjepit cuping hidung bersamaan selama 5-10 menit dengan posisi badan anak duduk tegak dengan kepala menghadap kebawah.
  3. Minta anak untuk bernapas melalui mulut
  4. Bawa anak ke RS jika : mimisan hebat (lama, banyak, tdk berhenti, dan menyebabkan anak pingsan), mimisan berulang, usia anak <2 thn, terjadi sumbatan jalan napas, atau jika mimisan disebabkan trauma pada wajah. 
Nah, mudah-mudahan info ini berguna yaa untuk menjaga kesehatan keluarganya ya bunda

0 Response to "Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak"

Post a Comment