Tips Mengatasi Batuk Pada Anak dan Bayi

Di musim hujan seperti ini  banyak sekali bayi/anak yang terserang penyakit infeksi di saluran napas. Melihat bayi/anak kita batuk terus menerus tentu saja membuat kita khawatir dan kasihan ya bunda.. Dahak sebenarnya salah satu bentuk mekanisme pertahanan tubuh, yang dibentuk sebagai akibat dari adanya peradangan, infeksi, iritasi, atau alergi pada saluran napas. Sayangnya, bayi/anak masih belum bisa .mengeluarkan dahak seperti orang dewasa. Ada beberapa cara yang bisa mamahs lakukan untuk membantu buah hati bunda mengeluarkan dahak, agar pernafasannya lebih nyaman. Diantaranya:


  1. pastikan suhu ruangan tempat bayi/anak tidur dalam keadaan hangat.
  2. hangatkan tubuh bayi/anak dengan menggunakan minyak telon, balsem khusus bayi, atau irisan bawang merah terutama pada bagian dada, leher, dan punggung. 
  3. ajak bayi / anak berjemur selama 10-15 menit pada pukul 07.00-08.00 
  4. hindari paparan asap rokok/polusi / debu sehingga tidak memperparah batuknya.
  5. beri lebih banyak cairan. Pada bayi di atas 6 bulan, dapat lebih banyak diberikan makanan yang berkuah dan hangat. 
  6. jika dahak sudah encer tapi masih sulit dikeluarkan, mamahs bisa bantu dengan meletakkan bayi dengan posisi tengkurap di pangkuan bunda dengan kaki yang satu lebih tinggi dari kaki yang lainnya, sehingga kepala bayi lebih rendah dari badan. Beri tepukan lembut beberapa kali di punggung bayi hingga dahak keluar. 
  7. jika cara diatas masih tidak mempan, bawa bayi / anak mamahs ke dokter untuk mendapatkan obat mukolitik (pengencer dahak) atau obat lain bila diperlukan. 
Semoga membantu dan dapat bermanfaat ya bunda, jangan lupa di share ya..

0 Response to "Tips Mengatasi Batuk Pada Anak dan Bayi"

Post a Comment