BERENANG, KEGIATAN MENYENANGKAN DAN MENYEHATKAN UNTUK SI KECIL

Bunda, Selama ini banyak yang menganggap bahwa berolahraga adalah “kewajiban” orang dewasa dan lanjut usia. Padahal anak-anak juga perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya berenang. Kegiatan berenang tidak hanya sekadar untuk rekreasi atau senang-senang, tetapi juga dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan.
Berenang merupakan olahraga yang memiliki dampak risiko yang rendah serta mudah terjangkau, sehingga sangat cocok untuk segala jenis usia. Aktivitas kardiovaskular ini juga berguna untuk kesehatan jantung dan paru-paru, dapat memperbaiki fleksibilitas dan keseimbangan, dan meningkatkan stamina. Selain itu, berenang tidak terlalu memberikan beban dan ketegangan pada sendi.
Berenang juga dapat mengoptimalkan kecerdasan kinestetik Si Kecil. Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaannya, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mencipta atau mengubah sesuatu. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang spesifik, seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan dan keakuratan menerima rangsang, sentuhan, dan tekstur.
Si Kecil usia 11 bulan sudah dapat diajak berenang. Bunda/Ayah harus memperhatikan agar air kolam renang tersebut hangat, dan Si Kecil sedang tidak mengalami batuk, pilek, atau infeksi telinga. Lakukan aktivitas berenang saat matahari tidak sedang terik. Gunakan tabir surya yang aman sebelum berenang agar kulit terlindung dari sinar UV matahari.
Namun, untuk belajar berenang secara serius, The American Academy of Pediatrics menyarankan agar pelajaran berenang diberikan kepada Si Kecil yang sudah berusia 4 tahun atau lebih.
Satu atau dua jam sebelum berenang, Si Kecil bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat – salah satu sumber energi yang baik untuk tubuh. Karbohidrat dapat diperoleh dari susu, bubur, roti, kentang, pisang, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan berkarbohdirat dalam jumlah cukup, Si Kecil akan memiliki energi untuk bergerak di dalam air.
Jadi kesimpulannya, jangan ragu untuk memberikan olahraga renang bada buah hati anda, semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ya

0 Response to "BERENANG, KEGIATAN MENYENANGKAN DAN MENYEHATKAN UNTUK SI KECIL"

Post a Comment