Hati Hati Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Pori Pori Wajah Anda Tersumbat

Mungkin banyak yang tidak sadar akan kebiasaan yang mereka lakuka setiap hari dapat menggangu kesehatan tubuh, terutama wajah karena wajah yang paling sering kita rawat namun dengan tidak sengaja kita sering membuat wajah itu menjadi lebih buruk.

 Yang akan kita bahas kali ini adalah pori pori pada wajah kita,  Wajah akan tanpak indah bila pori-porinya bersih, bila pori-pori kotor maka akan menyebabkan jerawat dan penyakit kulit lainnya. Biasanya pori-pori kulit wajah yang membesar membuat tampilan wajah kurang indah. Tak hanya membesar, pori yang tersumbat membuat keadaan kulit semakin tidak sehat.

Namun tersumbatnya pori-pori wajah tidak terjadi begitu saja. Ada kebiasaan buruk selalu anda lakukan. Berikut kebiasaan penyumbat pori yang harus anda hentikan segera:
Memencet Pori-Pori dan Jerawat
Jika mendambakan pori-pori wajah yang kecil dan bebas jerawat, berhenti memencet wajah. Saat memencet dan menarik kulit, anda otomatis membentuk garis halus, inflamasi dan iritasi yang memiliki efek buruk. Lebih baik gunakan produk perawatan jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide. Kedua kandungan ini efektif membasmi jerawat.
Sering Menyentuh Wajah
Coba pikirkan benda apa saja yang telah anda sentuh seharian. Mulai dari kenop pintu, meja, komputer, tombol lift, kartu atm dan sebagainya. Menyentuh wajah setelah bersentuhan dengan banyak benda dapat mentransfer ribuan bakteri, virus, dan berbagai kotoran ke kulit dan pori-pori.
Lupa Membersihkan Riasan Sebelum Tidur
Lupa membersihkan riasan sebelum pergi tidur membuat kosmetik, minyak dan polusi tinggal di wajah sepanjang malam. Tak hanya dapat membuat kulit mudah berjerawat dan mengalami penuaan, pori-pori wajah akan menjadi lebih lebar. Jika anda terlalu lelah untuk membersihkan wajah, gunakan tisu pembersih yang praktis.

Cara paling benar dalam membersihkan pori-pori wajah adalah melakukan eksfoliasi. Karena pembersih wajah biasa tidak membersihkan sel kulit mati yang tertumpuk. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali.
Menggunakan Riasan yang Salah
Memang menutupi pori-pori dengan concealer adalah cara mudah kulit terlihat mulus. Namun semua jenis riasan menutupi pori-pori akan membuat pori-pori tersumbat. Hindari kandungan minyak atau wax yang menutupi pori. Gunakan riasan dengan kandungan mineral terutama untuk jenis kulit berjerawat.
Tidak Menggunakan Produk Pengecil Pori
Produk pengecil pori dengan kandungan retinol terbukti efektif mengecilkan pori wajah. Produk ini dapat meningkatkan produksi glycoaminoglycans pada kulit. Kandungan itu bekerja mengencangkan kulit di sekitar pori dan membuatnya tampak lebih kecil.
Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan
Kopi tidak bagus untuk kesehatan dan kulit wajah. Kandungan kafein dalam kopi bisa memperbesar pori-pori.
Bilas Bersih Bekas Masker Wajah
Kebanyakan masker butuh dibilas dulu setelah digunakan. Terutama dengan air hangat agar pori-pori membuka dan membersihkan sisa masker. Namun banyak yang mengabaikan dengan asal-asalan membilas masker sehingga tidak sepenuhnya menghilangkan noda masker.
Menggosok Wajah Terlalu Keras
Jika menggosok wajah terlalu keras, hal ini bisa menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat. Anda perlu menggunakan pembersih yang lembut dan bebas sabun untuk membersihkan wajah anda.
Mengonsumsi Makanan Berlemak
Jika mengkonsumsi makanan, pilihlah yang kadar lemaknya rendah. Agar tidak memperbesr pori-pori dan memperparah jerawat. Anda juga perlu menghindari makanan cepat saji sebisa mungkin.
Pori-pori yang tersumbat akan membuat wajah anda tidak sehat, berminyak dan menjadi sarang jerawat. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada wajah anda. Sebaiknya anda mulai memperhatikan wajah dan menghindari kontak langsung dengannya.

0 Response to "Hati Hati Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Pori Pori Wajah Anda Tersumbat"

Post a Comment