Tips Mengatasi Hidung Tersembat yang Membandel

Tips Mengatasi Hidung Tersembat yang Membandel memang tidaklah mudah, namun selagi kita mau berusaha hal itu dapat kita atasi dengan mudah, nah tips kali ini penulis akan memberikan tips cara menghilangkan hidung tersumbat.

Setiap orang biasanya memiliki cara tersendiri untuk mengatasi hidung yang tersembat, itu di karenakan setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda satu dengan yang lain, maka dari itu setiap orang akan memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi hidung tersumbat.

Banyak cara meredakan dan mengatasi hidung tersumbat. Mulai dari melakukan kompres, mengonsumsu jenis makan yang mempunyai efek herbal sampai menggunakan obat-obatan. Perlu diingat pula salah satu cara penting untuk meredakan hidung tersumbat yang disebabkan alergi ialah menghindari zat yang membuat alergi diri Anda. Inilah cara meredakan dan cara menghilangkan hidung tersumbat yang sudah dirangkum untuk Anda:
  • Bernapaslah di Udara yang Lembap
Sebenarnya, apa yang terjadi dengan hidung kita saat kita merasa hidung kita tersumbat? Hidung tersumbat disebabkan oleh karena proses radang yang terjadi pada pembuluh darah dan membrane kulit dalam hidung. Membran ini akan mengeluarkan mukus atau lendir untuk membersihkan zat iritatif tersebut, baik hal yang memicu alergi atau juga kuman yang menyerang. Bernapas udara yang kering ternyata dapat memicu iritasi dan proses radang semakin hebat, sehingga cara menghilangkan hidung tersumbat ialah mengirup udara yang lembap. Udara yang lembap dapat Anda dapatkan dari alat vaporizer, atau sesederhana menghirup uap panas dari iar yang dimasak di atas kompor, atau juga uap panas dari kamar mandi.
  • Bersihkan Hidung Anda
Mungkin cara menghilangkan hidung tersumbat yang satu ini terkesan agak aneh. Namun, metode ini sudah terbukt cukup ampuh sebagai cara mengobati hidung tersumbat. Gunakan larutan air NaCl untuk membersihkan rongga hidung Anda. Tujuannya untuk membantu membersihkan rongga hidung dari zat yang mengiritasi dan tetap menjaga kelembapan membrane mukosa rongga hidung Anda. Selain larutan NaCl, Anda juga dapat menggunakan air biasa yang sudah dimasak hingga matang dan ditunggu sampai suhu nya menghangat. Untuk irigasi, Anda dapat menggunakan bulb syringe atau sekadar sedotan minum.
  • Kompres
Ternyata, mengompres badan tidak hanya dilakukan saat Anda merasa demam atau ketika memar saja. Kompres juga dapat menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat yang sangat praktis, aman dan cepat. Untuk memanfaatkan kompres, Anda dapat menggunakan dua macam kompres yaitu kompres hangat dan kompres dingin. Untuk menggunakan kompres dingin, Anda dapat menaruh es batu atau kacang polong beku ke dalam plastik atau ke dalam kain, alu tempelkan kain pada jembatan hidung Anda. Sedangkan kompres hangat dilakukan dengan menggunakan handuk bersih yang dicelupkan ke air panas, tunggu sampai hangat lalu taruh di jembatan hidung pula. Cara menghilangkan hidung tersumbat ini tidak terbukti dapat melegakan jalan napas dalam jangka waktu yang panjang, namun tetap saja efektif untuk sementara waktu.
  • Teh Rasa Mint
Meski mint tea atau teh rasa mint tidak lazim menjadi minuman favorit masyarakat, ternyata teh rasa mint mempunyai manfaat yang baik utnuk meredakan hidung yang terasa tersumbat. Teh rasa mint dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan hidung tersumbat karena menthol yang dikandungnya dapat mengurangi produksi dan kekentalan mukus serta dapat membukan saluran pernapasan. Minumlah teh mint dalam keadaan hangat untuk melegakan pernapasan Anda.
  • Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini memang sudah terkenal sebagai obat herbal, terutama untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, sebenarnya bawang putih juga mengandung efek antijamur dan antimikroba sehingga dapat pula digunakan sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Selain itu, penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa bawang putih ternyata dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat pada penderita flu. Cara memanfaatkan bawang putih sebagai pelega hidung tersumbat mudah, potong beberapa suing bawang putih yang sudah dikupas, taruh di panci kecil yang berisi 1 gelas air. Panaskan panci di atas api, lalu hirup uap larutan ini setelah air mendidih.
  • Konsumsi Air yang Cukup Setiap Hari
Meski terdengar sepele, mengonsumsi jumlah air yang cukup merupakan salah satu cara menghilangkan hidung tersumbat yang penting dan tentu saja mudah. Banyak kesaksian yang menyatakan bahwa hidung tersumbat akan terasa lebih lega setelah mengonsumsi air minum, terutama yang suhunya hangat. Bila kurang suka minum air putih, Anda dapat mencoba minuman lain yang lebih kreatif, seperti teh chamomile, air sop ayam yang hangat dan tidak berminyak, teh hijau dan air hangat yang dicampur dengan madu dan lemon.
  • Obat Apotik
Bila Anda berada dalam situasi tengah malam, hendak tidur, namun hidung sangat tersumbat sehingga menghambat jalan napas Anda, mungkin Anda dapat mencoba menggunakan obat apotik untuk meredakan gejala hidung tersumbat Anda. Jenis obat yang paling disarankan untuk meredakan hidung tersumbat adalah chlorpheniramine maleate atau CTM. Selain CTM, Anda juga dapat mencoba membeli cetirizine sebagai pelega hidung tersumbat Anda. Ingat, pemakaian CTM dapat dilakukan sampai 3 kali sehari dengan konsekuensi terkena efek samping berupa ngantuk yang berlebihan. Sedangkan cetirizine hanya diperbolehkan dikonsumsi satu kali dalam satu hari. Cara menghilangkan hidung tersumbat ini dapat Anda pilih sebagai alternatif terakhir gejala hidung tersumbat Anda.
Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Pepatah itu benar sekali, terutama menyangkut kesehatan tubuh. Maka, bagi mereka yang menderita alergi, hindarilah zat-zat yang membuat Anda alergi, seperti debu, agar tidak terjadi episode hidung tersumbat yang mengganggu. Anda juga perlu menjaga higienitas Anda untuk menghindarkan diri dari infeksi kuman ke saluran pernapasan Anda. Jaga juga selalu daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang banyak mengandung vitamin, tidur yang cukup serta jangan biarkan diri Anda kedinginan dalam waktu yang lama. Bila Anda sudah mencoba hampir sebagian besar dari pilihan cara menghilangkan hidung tersumbat di atas namun belum kunjung membaik, periksakan diri Anda ke dokter Anda untuk mendapatkan penanganan lanjut yang lebih tepat dan optimal.

0 Response to "Tips Mengatasi Hidung Tersembat yang Membandel"

Post a Comment